Service Level Agreement

Perjanjian Layanan Web Hosting

  1. Definisi Layanan
    1. Layanan Hosting adalah layanan penyimpanan data website dan email Pelanggan di server Desa.or.id agar dapat diakses dari internet.
    2. Fitur – fitur yang ada di dalam Layanan Hosting Desa.or.id terdapat pada halaman https://desa.or.id/hosting-desa.
  2. Hak dan Kewajiban Pelanggan
    1. Pelanggan berhak untuk mendapatkan Layanan Hosting dengan fitur – fitur sesuai dengan spesifikasi paket yang digunakan seperti tertera dalam halaman https://desa.or.id/hosting-desa.
    2. Pelanggan berhak untuk mendapatkan dukungan pelanggan dalam batasan yang telah ditentukan oleh Desa.or.id.
    3. Pelanggan wajib mematuhi Kebijakan Penggunaan Layanan.
  3. Hak dan Kewajiban Rumahweb
    1. Desa.or.id wajib memberikan hak akses terhadap Layanan Hosting yang digunakan Pelanggan melalui Control Panel dan FTP.
    2. Desa.or.id wajib memberikan jaminan Layanan Hosting seperti tercantum dalam bagian Jaminan Layanan.
    3. Desa.or.id wajib melakukan penagihan dan mengirimkan pengingat melalui media komunikasi utama email.
    4. Desa.or.id berhak untuk melakukan perubahan fitur-fitur yang ada dala Layanan Hosting Desa.or.id yang tertera pada halaman https://desa.or.id/hosting-desa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    5. Desa.or.id berhak untuk melihat isi dan melakukan tindakan penghapusan atau tindakan lain terhadap isi website apabila diketahui melanggar Kebijakan Penggunaan.
  4. Jaminan Layanan
    1. Jaminan Koneksi Internet
      1. Desa.or.id memberikan jaminan konektivitas internet pada Layanan Hosting sebesar 99% per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
      2. Kegagalan terhadap penyediaan konektivitas internet oleh Desa.or.id pada Layanan Hosting akibat gangguan jaringan dapat diklaim apabila berlangsung melebihi batas 1% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi di bawah 1%.
    2. Jaminan Uptime Server
      1. Desa.or.id memberikan jaminan uptime server sebesar 99% uptime per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
      2. Untuk menjaga performance server, Desa.or.id dapat melakukan maintenance rutin dengan konsekuensi reboot server yang mengakibatkan tidak dapat diaksesnya Layanan Hosting selama beberapa menit tanpa diumumkan terlebih dahulu. Downtime akibat maintenance ini tidak diperhitungkan dalam Jaminan Uptime Server.
      3. Kegagalan terhadap penyediaan uptime server oleh Desa.or.id dapat diklaim apabila berlangsung melebihi batas 1% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi di bawah 1%.
    3. Jaminan Keamanan Data
      1. Desa.or.id memberikan jaminan keamanan data pelanggan meliputi data file web dan data lain di dalam folder hosting Pelanggan, database, dan e-mail sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh Pelanggan sendiri. Kelalaian Pelanggan tersebut di antaranya dan tidak terbatas pada hal-hal tersebut di bawah ini :
        1. Pencurian otorisasi akses pada Layanan Hosting akibat ketidakamanan perangkat dan atau perbuatan Pelanggan sendiri. Ketidakamanan perangkat Perlanggan meliputi dan tidak terbatas pada adanya worm, virus, keylogger pada komputer pelanggan, atau karena pelanggan mengakses dari perangkat akses publik yang tidak aman;
        2. Memiliki file atau direktori dengan permission all read write (mode 777) pada folder hosting Pelanggan;
        3. Memiliki script yang beresiko keamanan atau secara umum telah diketahui sebagai bug;
        4. Memberikan otorisasi akses pada Layanan Hosting kepada orang lain;
      2. Desa.or.id memberikan jaminan untuk melakukan backup data dalam Layanan Hosting yang digunakan Pelanggan satu minggu sekali pada hari tertentu;
      3. Jumlah backup yang disimpan oleh Desa.or.id adalah satu set backup dimana artinya terkait dengan periode backup mingguan, Pelanggan hanya bisa melakukan restore data yang dibackup pada minggu sebelumnya;
  5. Klaim Atas Kegagalan Jaminan Layanan
    1. Klaim atas kegagalan jaminan di atas dapat di ajukan dalam waktu maksimal 7 hari setelah terjadinya gangguan.
    2. Klaim kegagalan uptime server dan uptime network harus disertai bukti hasil traceroute ke arah domain pelanggan dalam waktu terjadinya gangguan dan akan dilakukan crosscheck dengan data kami.
    3. Klaim akan ditolak apabila terjadinya kegagalan atas Jaminan Uptime Konektivitas Internet disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar tanggungjawab Desa.or.id termasuk dan tidak terbatas didalamnya :
      1. Gangguan konektivitas internet pada ISP pelanggan;
      2. Gangguan konektivitas internet yang terjadi pada salah satu route yang menjadi jalur konektivitas dari pelanggan ke server Desa.or.id;
      3. Gangguan yang disebabkan oleh force majeure;
    4. Apabila gangguan yang di klaim oleh pelanggan datanya cocok dengan data Desa.or.id, maka Desa.or.id akan mengembalikan biaya hosting selama 1 bulan penuh dalam bentuk uang atau dalam bentuk kompensasi lain yakni penambahan masa berlaku hosting selama 1 bulan.
    5. Klaim kegagalan jaminan layanan otomatis akan batal apabila :
      1. Layanan Hosting yang digunakan Pelanggan dalam kondisi tidak aktif (suspended / cancelled / terminated);
      2. Layanan Hosting yang digunakan Pelanggan melanggar Kebijakan Penggunaan Layanan;
  6. Penghentian dan Penghapusan Layanan
    1. Sesuai dengan Perjanjian Umum, Desa.or.id berhak melakukan penghentian layanan baik yang bersifat permanen maupun sementara tanpa kewajiban bagi Desa.or.id untuk mengganti kerugian material dan imaterial di sisi Pelanggan yang terjadi akibat penghentian layanan tersebut apabila diketahui Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Perjanjian, Perjanjian Layanan, dan Kebijakan Layanan.
    2. Layanan akan disuspend (dihentikan sementara) pada saat jatuh tempo pembayaran apabila Pelanggan belum melakukan pembayaran sesuai tagihan.
    3. Layanan Hosting termasuk didalamnya data milik Pelanggan dan data backup akan dihapus dari server Desa.or.id apabila dalam tujuh hari setelah jatuh tempo pembayaran Pelanggan belum melakukan pembayaran sesuai tagihan.
    4. Apabila Pelanggan ingin mengaktifkan kembali Layanan Hosting yang telah dimiliki sebelumnya dan Desa.or.id masih memiliki backup terhadap file-file Pelanggan dalam Layanan Hosting sebelumnya maka pelanggan dapat meminta Desa.or.id untuk melakukan restore data dengan biaya tertentu.
    5. Penghapusan Layanan Hosting tidak menghilangkan kewajiban Pelanggan untuk membayarkan tagihan dengan sifat bayar di belakang jika ada tagihan terkait dengan Layanan Hosting tersebut.
× Chat