Batudaa adalah theme website untuk aplikasi OpenSID yang sepenuhnya responsive dan dibangun menggunakan Bootstrap versi 3. Cocok digunakan diberbagai ukuran layar perangkat, mulai dari perangkat mobile sampai komputer desktop.

Installasi

  1. Release terbaru dapat diunduh dari laman release di https://github.com/batudaa/batudaa-theme/releases. Pilih release yang dibutuhkan dan download Source dengan tipe file yang diinginkan.
  2. Selanjutnya extract file yang telah didownload dan salin folder batudaa yang ditemukan didalamnya ke dalam folder desa/themes/ di aplikasi OpenSID.
  3. Setting aplikasi OpenSID dan pilih tema batudaa untuk web_theme.
  4. Refresh halaman website dari aplikasi OpenSID untuk melihat perubahannya.

Penyesuaian

Kurang puas dengan theme yang digunakan? OpenSID memberikan kesempatan kepada Admin desa untuk menyesuaikan theme. Untuk menyesuaikan theme batudaa, lakukan langkah berikut:

  1. Buat folder batudaa di dalam folder desa/css/.
  2. Selanjutnya buat berkas dengan nama desa-web.css di dalam folder batudaa yang telah dibuat sebelumnya. Dan buatlah aturan css sesuai dengan keinginan.

Bantuan

Silakan bergabung dengan Forum Pengguna dan Pegiat OpenSID di Facebook. Group ini merupakan tempat berbagi informasi dan saling membantu menggunakan dan mengembangkan aplikasi OpenSID. Silakan mempergunakan forum itu juga untuk bertanya mengenai theme batudaa dan untuk memberi usulan.

Tanya-Jawab

T: Kenapa tidak semua widget tampilannya selaras dengan theme?

J: Widget masih bagian internal dari OpenSID dan kebanyakan belum bootstrap ready. Saat ini tag html atau layout widget belum bisa disesuaikan lewat theme manapun.

T: Kenapa halaman login dan admin tampilannya tidak ikut berubah?

J: Batudaa hanya theme untuk website (halaman depan). OpenSID sendiri belum menyediakan fasilitas pembuatan theme untuk halaman login dan admin. Namun memberikan kesempatan untuk melakukan penyesuaian lewat berkas desa/css/siteman.css.

Lisensi

Batudaa adalah proyek open source yang bernaung dibawah lisensi MIT.

Tidak diijinkan untuk mengeluarkan informasi lisensi dan copyright disetiap distribusi. Aturan ini tidak termasuk informasi copyright yang ditampilkan dibagian footer tag.