Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan tentang OpenSID berikut penjelasan nya :   a. Pendahuluan     Semakin berkembangnya teknologi masyarakat  perlu sebuah media untuk mempermudah pengelolaan data desanya. OpenSID merupakan salah satu alternatif nya. b. Tujuan dan Maksud     Agar masyarakat lebih mudah untuk memperoleh informasi mengenai desanya ataupun data yang berkaitan tentang desa tersebut. c. Pembahasan materi1. Pengertian OpenSID

  OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID.   SID adalah Sistem Informasi desa yaitu aplikasi komputer yang membantu desa, agar :  

  1. Kantor desa lebih efisien dan efektif
  2. Pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
  3. Layanan publik lebih baik
  4. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa

OpenSID turut membantu agar ke semua 74ribu+ desa di Indonesia dapat menerapkan sistem informasi untuk memajukan desanya.     Strategi pengembangan OpenSID adalah untuk : 1. memudahkan pengguna menyerap rilis SID baru 2. memungkinkan pegiat SID untuk membuat kontribusi langsung pada source code aplikasi SID   OpenSID dikelola di Github untuk : 1. merekam semua perubahan yg dibuat
2. memungkinkan kembali ke revisi sebelumnya, apabila diperlukan
3. memudahkan kolaborasi antar pegiat SID dan juga dengan desa dampingan dalam mengembangkan  SID
4. backup online source code SID yg dapat diaskses setiap saat       OpenSID adalah Sistem Informasi Desa CRI 3.04 yang dikembangkan dan disesuaikan agar terbuka dan dapat dikembangkan secara bersama-sama oleh komunitas peduli OpenSID   OpenSID dikembangkan sejak Mei 2016 dari versi SID CRI 3.04 yang diperoleh dari Andi Anwar.        OpenSID bebas digunakan oleh setiap desa di Indonesia secara bebas dan bisa diubah serta disebar luaskan kembali dengan cacatan bahwa harus tetap menyertakan pembuat asli dari aplikasi tersebut.     OpenSID sendiri dikembangkan untuk membantu desa dalam penataan administrasi desa dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat.     2. Pengertian Sistem Informasi Desa     Dalam konteks OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang:  

  • Berbasis komputer
  • Mengelola informasi kantor desa
  • Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya

  Dengan pengertian ini, jenis aplikasi yang tercakup dalam “Sistem Informasi Desa” suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dsbnya.   3. Peran dan Manfaat SID     Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).  

  1. Kantor desa lebih efisien
    Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  2. Kantor desa lebih efektif
    Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.
  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.Kesimpulan :
    OpenSID dapat sangat berguna dan bermanfaat dalam membantu pengelolaan desa dan informasi .
× Chat