Sistem Informasi Desa atau SID merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86.

SID membantu perangkat desa untuk melayani berbagai macam jenis administrasi secara cepat dan efisien dari data warga yang sudah didata sebelumnya. Hanya beberapa klik, hasil cetak surat siap diberikan.

Selain untuk mengelola dana desa, sistem informasi desa juga dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan data-data administrasi kependudukan, wilayah geografis, potensi desa, dan tingkat kesejahteraan desa. Melalui sistem informasi yang terintegrasi, pihak desa dapat dengan mudah memantau keadaan desa secara akurat dan real-time. Agar sistem informasi nyaman dan mudah dioperasikan, tentu diperlukan dukungan sistem yang andal, user-friendly, dan responsif. Sistem juga harus seaman mungkin untuk mencegah pencurian data dan informasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. Akan lebih efektif lagi apabila sistem informasi desa adalah berbasis web karena selain hanya memerlukan koneksi internet, sistem informasi berbasis web juga fleksibel diakses melalui perangkat komputer desktop, ponsel pintar, ataupun gadget.

Oleh karena pentingnya kebutuhan sistem informasi desa berbasis web, kami Desa.or.id selalu terbuka untuk menjadi mitra Anda. Dengan tim web programmer, web designer, dan web developer profesional yang kami miliki, kami siap melayani kebutuhan sistem informasi desa berbasis web yang andal, sesuai dengan yang lembaga Anda inginkan.

× Chat