Desa.or.id adalah solusi Domain Alternatif untuk Website Desa di Indonesia

Tujuan Desa.or.id adalah, ingin memberikan kemudahan bagi desa-desa di seluruh Indonesia yang akan dengan segera memulai mengonlinekan website desanya. Domain namadesa.desa.or.id adalah domain alternatif, dibuat untuk memudahkan desa yang sedang menunggu perolehan domain resmi desa yaitu Desa.id.

UU No 6 Tahun 2014 telah memberikan kewenangan besar pada desa dalam bentuk wewenang berdasar hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala desa (Pasal 19). Untuk melaksanakan kewenangannya, pemerintah desa wajib memiliki Sistem Informasi Desa yang menjamin rencana dan pelaksanaan pembangunan desa dapat dipantau oleh masyarakat desa (Pasal 82-86)

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kode dan data wilayah Administrasi pemerintahan disebutkan, bahwa jumlah Desa dan Kelurahan di Indonesia adalah 83.184 (74.754 Desa + 8.430 Kelurahan), padahal menurut data Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) per Desember 2017 pengguna Domain Desa.id baru ada sekitar 4.556 Desa

Alasan di buatnya domain Desa.or.id sebagai domain alternatif bagi desa adalah :

  • Banyak desa yang belum faham bahwa domain resmi untuk desa adalah Desa.id
  • Sampai saat ini tidak ada aturan larangan penggunaan domain bagi desa selain Desa.id
  • Banyak desa yang kesulitan melakukan pendaftaran domain desa.id karena terkendala kelengkapan persyaratan administrasi.
  • Banyak desa yang kurang memahami cara mendaftar layanan hosting.
  • Banyak desa yang kesulitan melakukan setup dan konfigurasi domain dan hosting untuk membuat website bisa online dan bisa diakses karena tidak bisa sharing di group, forum atau komunitas.
  • Banyak desa yang kebingungan memilih aplikasi atau website seperti apa yang harus mereka miliki.
  • Banyak desa yang kurang memahami cara membuat website resmi desa yang dinamis dan responsive.

Keuntungan mengonlinekan website Desa antara lain: publikasi keberadaan desa ke seluruh Indonesia bahkan dunia, menginformasikan profil dan seluruh potensi desa, mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai desa dan interaksi masyarakat dengan perangkat desa dapat secara langsung tanpa hambatan tempat dan waktu. Sistem Informasi Desa juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, memberikan dan mendapatkan informasi dengan cepat tanpa hambatan.